Rebranding Logo Produk! Strategi Tingkatkan Citra Merk UMKM Desa Gemantar

  • Aug 16, 2024
  • Webadmin Desa Gemantar, Selogiri, Wonogiri

Gemantar, Kabupaten Wonogiri (3/8/2024) - UMKM adalah pilar utama ekonomi desa, berperan penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. Selain menjadi sumber pendapatan utama bagi banyak keluarga, UMKM juga menciptakan lapangan kerja, meningkatkan taraf hidup, dan mengoptimalkan potensi lokal. Di banyak desa, UMKM menjadi tulang punggung ekonomi dengan menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat setempat. Namun, di era digital yang semakin berkembang ini, UMKM Desa Gemantar menghadapi tantangan yang semakin kompleks dalam menarik perhatian konsumen dan memperluas pasar mereka. Logo produk UMKM yang saat ini digunakan belum efektif dalam membangun citra merek yang kuat, sehingga memerlukan rebranding atau pembaruan merk untuk menarik perhatian konsumen baru, membedakan produk dari pesaing, serta menciptakan kesan yang lebih kuat dan konsisten yang dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan memperluas jangkauan pasar.

Dengan adanya peluang tersebut, dilakukan upaya untuk mendongkrak optimalisasi UMKM, salah satunya melalui inisiasi program kerja monodisiplin oleh Annisa Rahma Dhania, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2023/2024, dari program studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Di bawah arahan Dosen Pembimbing Binar Panunggal, S.Gz., M.P.H, merancang program " Peningkatan Brand Awareness melalui Rebranding Identitas Merek UMKM Desa Gemantar”. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengenalan merek UMKM Desa Gemantar, menarik perhatian pasar yang lebih luas, dan memperkuat citra merek melalui rebranding.

Kegiatan ini dilakukan pada Sabtu, (3/8) dengan pendekatan langsung door to door ke dua lokasi UMKM di Desa Gemantar. UMKM yang menjadi fokus utama adalah UMKM di bidang produksi makanan, yaitu Rempeyek Bu Sri dan Tempe Dusun Blewah. Setelah survey dan melihat proses produksi, kegiatan selanjutnya adalah kunjungan langsung untuk memberikan sosialisasi mengenai pentingnya logo produk sebagai identitas visual utama yang dapat menciptakan kesan pertama, membedakan merek, dan meningkatkan pengenalan di mata konsumen. Inisiatif ini diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan konsumen dan meningkatkan citra merk kedua UMKM tersebut.

Harapan dari keberjalanan program ini adalah agar UMKM di Desa Gemantar, seperti Rempeyek Bu Sri dan Tempe Dusun Blewah, dapat meningkatkan citra merek dan . Dengan terdaftarnya lokasi usaha di Google Maps, diharapkan konsumen dari berbagai wilayah dapat dengan mudah menemukan dan mengakses produk serta layanan yang ditawarkan. Selain itu, program ini juga diharapkan dapat menjadi langkah awal bagi para pelaku UMKM untuk lebih aware terhadap identitas usaha dalam strategi pemasaran mereka, sehingga mampu bersaing di pasar yang lebih luas dan meningkatkan pendapatan profit secara signifikan.