Transformasi Digital: Pemberdayaan UMKM Desa Gemantar Melalui Optimalisasi Google Profil Bisnis

  • Aug 16, 2024
  • Webadmin Desa Gemantar, Selogiri, Wonogiri

Gemantar, Kabupaten Wonogiri (5/8/2024) - Optimalisasi Google Profil Bisnis adalah langkah strategis untuk meningkatkan visibilitas dan daya saing usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di era digital. Dengan memanfaatkan fitur ini, UMKM dapat menampilkan informasi bisnis mereka seperti lokasi, jam operasional, ulasan pelanggan, dan foto produk langsung di Google Maps dan hasil pencarian Google. Manfaat dari optimalisasi ini sangat signifikan, mulai dari kemudahan ditemukan oleh calon konsumen hingga peningkatan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis tersebut. Bagi UMKM di Desa Gemantar, ini adalah peluang emas untuk memperluas pasar dan menarik lebih banyak pelanggan, baik lokal maupun dari luar daerah.

Desa Gemantar adalah sebuah desa terletak di Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Dihuni kurang lebih 2.969 jiwa, desa ini terdiri dari 7 RW dan 22 RT yang terdapat 7 dusun di dalamnya yaitu: Dusun Nanggan, Gemantar, Ngaliyan,  Kenangan, Blewah, Dukuh, dan Bakalan. Luas wilayah Desa Gemantar ± 295,19 Ha dan termasuk daerah dataran rendah dengan ketinggian ± 114 m diatas permukaan laut. Desa Gemantar memiliki berbagai UMKM yang sangat terkenal seperti UMKM Gaplek sayur, Rempeyek, tempe dan Tahu gurih yang dikelola secara mandiri oleh masyarakat.

Annisa Rahma Dhania, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2023/2024, dari program studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Di bawah arahan Dosen Pembimbing Binar Panunggal, S.Gz., M.P.H, merancang program "Pemberdayaan UMKM Desa Gemantar Melalui Optimalisasi Google Profil Bisnis"  Program ini bertujuan untuk meningkatkan eksposur UMKM di Desa Gemantar dengan menggunakan teknologi digital, terutama melalui platform Google Maps, sehingga produk-produk unggulan desa dapat lebih mudah diakses oleh calon konsumen, baik dari dalam maupun luar wilayah.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin, (5/8) dengan pendekatan langsung atau door-to-door ke dua lokasi UMKM di Desa Gemantar. Dua UMKM yang menjadi fokus utama adalah UMKM di bidang makanan ringan, yaitu Rempeyek Bu Sri serta UMKM yang bergerak di bidang produksi tempe, yaitu Tempe Dusun Blewah. Proses pendaftaran UMKM di Google Maps melibatkan survei lapangan serta pembuatan profil bisnis. Informasi yang dimasukkan mencakup nama usaha, kategori, lokasi, jam operasional, dan deskripsi layanan. Dengan adanya fitur ulasan dan penilaian, UMKM dapat meningkatkan reputasi dan menarik lebih banyak pelanggan melalui feedback positif.

Program ini mendapat sambutan baik dari para pelaku UMKM, yang merasa sangat terbantu dalam memasarkan produk serta memperluas jangkauan bisnis mereka. Inisiatif ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Gemantar dan mendorong perkembangan UMKM lokal.

Penulis: Annisa Rahma Dhania

DPL    :  Binar Panunggal, S.Gz., M.P.H

Lokasi : Desa Gemantar, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah