Sekilas Tentang Bimtek SIAK Desa Di Wonogiri
- Oct 13, 2017
- gemantar-wonogiri
Administrasi kependudukan adalah rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dalam penerbitan dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan informasi kependudukan, serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan pembangunan sektor lain. Untuk mengatasi permasalahan kependudukan, sangat dibutuhkan adanya sumber daya aparatur yang mampu, cakap dan handal dalam mengelola administrasi kependudukan. Ada lima fungsi petugas registrasi kependudukan yaitu :
- Melakukan verifikasi dan validasi data peristiwa kependudukan dilaporkan oleh penduduk warga negara Indonesia;
- Verifikasi dan validasi data peristiwa penting khususnya kelahiran, lahir mati dan kematian yang dilaporkan oleh penduduk warga negara Indonesia;
- Pencatatan dalam buku harian, buku mutasi penduduk dan buku induk penduduk;
- Pemrosesan penerbitan dokumen kependudukan sebagai penghubung dalam penyampaian dan pengambilan dokumen kependudukan.
- Eks Distrik I diselenggarakan pada tanggal 12 Oktober 2017 di Wilayah Kecamatan Wonogiri.
- Eks Distrik II diselenggarakan pada tanggal 17 Oktober 2017 di Wilayah Kecamatan Purwantoro.
- Eks Distrik III diselenggarakan pada tanggal 19 Oktober 2017 di Wilayah Kecamatan Jatisrono.
- Eks Distrik IV diselenggarakan pada tanggal 24 Oktober 2017 di Wilayah Kecamatan Baturetno.
- Eks Distrik V diselenggarakan pada tanggal 26 Oktober 2017 di Wilayah Kecamatan Pracimantoro.
- Pengenalan aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Desa (SIAK Desa);
- Instalasi aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Desa (SIAK Desa);
- Penggunaan aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Desa (SIAK Desa);